24 November, 2012

Penyesalan sang mentor :(


1 Samuel 15:11 "Aku menyesal, karena Aku telah menjadikan Saul raja, sebab ia telah berbalik dari pada Aku dan tidak melaksanakan firman-Ku." Maka sakit hatilah Samuel dan ia berseru-seru kepada TUHAN semalam-malaman.

Amsal 9:9 berilah orang bijak nasihat, maka ia akan menjadi lebih bijak, ajarilah orang benar, maka pengetahuannya akan bertambah.

Samuel, seorang nabi dan mentor bagi raja Saul sangat menyesali kelakuan Saul yang sampai membuat Saul ditolak Tuhan sebagai raja. Walau tau sifat bebalnya Saul, namun Samuel selalu berharap Saul kelak berubah menjadi raja yang baik, namun sayangnya hal itu tidak pernah terjadi sampai akhir hidupnya Saul :(

Hasil mentoring ada 2, sukses atau gagal. Mentor hanya bisa mengarahkan tapi kesuksesan adalah pilihan dan tanggung jawab dari orang yang dimentor. Samuel tidak berlama-lama dibiarkan bersedih atas kegagalannya oleh Tuhan, ia segera diutus untuk mengurapi Daud anak Isai dan ternyata sosok Daud lebih tepat dan berhasil menyelesaikan misi dari mentoringnya Samuel ;)

Jangan lama-lama bersedih jika kita pernah gagal mementor orang yang dipercayain ke hidup kita karena itu bukan 100 % kesalahan kita. Saul memiliki mentor sehebat Samuel tapi ga membuat dia menjadi seorang yang mendekati sedikitpun kualitas dari sang mentor. Ketika orang yang sama mementor Daud terlihat hasil yang berbeda bukan? Semangat teman (˘̀O˘́)ง
Rinardi Adinegara Barlim Ms SharePoint System Developer

God's partner that full of love in his life. Enjoy his life by distributed bless to another people that he meet. Now work as Microsoft SharePoint Developer :)

Tidak ada komentar :

Blog Stat