08 Mei, 2016

Membenci dosa, merangkul pendosa


Markus 2:17 Yesus mendengarnya dan berkata kepada mereka: "Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit; Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa."

Perikop di Markus 2:13-17 berjudul: Lewi pemungut cukai mengikut Yesus. Pemungut cukai ketika masa itu di mata para ahli Taurat dan orang Farisi adalah sebuah profesi yang sangat hina dan sama tingkatannya dengan pelacur. Kenapa? Karena pekerjaan pemungut cukai seperti melacurkan diri yaitu menjual nasionalisme dan teman² sebangsa dengan cara menarik pungutan pajak untuk kemudian diberikan kepada bangsa Romawi, dan semua ini dilakukan karena demi mendapatkan uang yang banyak. Dengan kata lain pemungut cukai orang yang cinta banget sama duit dan secara logika manusia ga mungkin banget deh orang model begitu akan bisa bertobat 😨

Tapi anehnya di kisah ini Yesus sama sekali ga kotbahin apalagi memghakimi ataupun menuntut si Lewi untuk bertobat. Bahkan saya rasa Lewi pun merasa dirinya ga layak untuk menerima kasih Tuhan apalagi bertobat. Kenapa? Karena as we know nama Lewi yang salah satu suku Israel seharusnya adalah pelayan Tuhan, tapi Lewi yang ini malah justru menjadi pemungut cukai. Sungguh terlalu... 😵

Tapi Tuhan Yesus bukan pribadi yang menghakimi sekilas pandang saja ataupun berdasarkan apa yang menjadi standard manusia. Dia hanya mengajak Lewi untuk mengikut Dia dan kemudian makan di rumahnya. Di hari itu terjadi pertobatan yang tidak hanya terjadi dalam hidup Lewi, tetapi juga teman²nya yang seprofesi dengan dia. 😉

Mungkin jika tidak ada rangkulan dari Yesus tidak akan pernah lahir pribadi Matius si Lewi yang kemudian hari menulis kitab Matius dan menjadi 1 dari 66 kitab yang ada di Alkitab kita hari ini yang isinya sangat memberkati hidup orang² percaya.

Jika gereja menutup pintu untuk para pendosa, mereka akan lari ke tempat lain yang tidak ada Kristus di dalamnya. Yesus membenci dosa tapi merangkul orang berdosa. Tuntunan belas kasihan lah yang mengubahkan hidup orang lain, bukan sebuah tuntutan penghakiman akan pemenuhan standard. Yesus memang membenci dosa, tetapi Ia pribadi yang merangkul para pendosa.

Bukan bersih dulu baru mandi, tetapi justru karena mandi baru tubuh menjadi bersih. Bukan kudus dulu baru datang ke Tuhan, tetapi karena datang ke Tuhan maka menghasilkan kekudusan.

Let's feel the grace of God and our life will set to be free and help others feel the freedom too 😇😁

Rinardi Adinegara Barlim Ms SharePoint System Developer

God's partner that full of love in his life. Enjoy his life by distributed bless to another people that he meet. Now work as Microsoft SharePoint Developer :)

Tidak ada komentar :

Blog Stat