15 November, 2012

Mengakui kesalahan ˆ⌣ˆ


Kejadian 3:1-24
Kejadian 3:12 Manusia itu menjawab: "Perempuan yang Kautempatkan di sisiku, dialah yang memberi dari buah pohon itu kepadaku, maka kumakan."


Sifat dasar manusia adalah tidak mau mengakui kesalahan yang telah diperbuat, begitu mudahnya melempar tanggung jawab kesalahan kepada pihak lain dan tidak mau disalahkan. Ketika dapet nilai jelek di kuliah nyalahin dosen yang ngajar, ketika project terhambat nyalahin rekan kerja, ketika terjadi perselisihan selalu menyalahkan orang lain. Manusiawi bukan :p?

Tapi membenarkan diri tidak akan pernah menyelesaikan masalah. Namanya manusia yah emang ga ada yang sempurna dan tidak pernah melakukan kesalahan. Ada lirik lagu bilang :
Dan aku hanyalah manusia
Bisa bersalah dan menyakiti
Aku hanyalah manusia
Tak seperti Tuhan yang sempurna ♪( ´▽`)

Yang terpenting ketika melakukan suatu kesalahan adalah RESPON untuk tidak melempar tanggung jawab. Bagaimana kita mengakui kesalahan dan menjadikannya sebagai pembelajaran di dalam hidup kita, bukan lari ataupun berdalih. Belajar akui kesalahan memudahkan kita kembali ke jalur yang benar, sedangkan berdalih membawa kita pada situasi yang lebih fatal.

Mari sama-sama katakan : "tanggung jawab berhenti disini!" ketika diri kita melakukan kesalahan ˆ⌣ˆ
Rinardi Adinegara Barlim Ms SharePoint System Developer

God's partner that full of love in his life. Enjoy his life by distributed bless to another people that he meet. Now work as Microsoft SharePoint Developer :)

Tidak ada komentar :

Blog Stat