07 April, 2016

Financial Security or Financial Freedom?


1 Timotius 6:17 Peringatkanlah kepada orang-orang kaya di dunia ini agar mereka jangan tinggi hati dan jangan berharap pada sesuatu yang TAK TENTU seperti kekayaan, melainkan pada Allah yang dalam kekayaan-Nya memberikan kepada kita segala sesuatu untuk dinikmati.

Luke 12:15 (NET)  Then he said to them, “Watch out and guard yourself from all types of greed, because one’s life does not consist in the abundance of his possessions.”

Adalah baik jika kita memiliki perencanaan atas keuangan masa depan kita, namun kita harus sadari bahwa seberapa banyakpun aset yang kita miliki (tabungan, deposito, reksadana, saham, obligasi, emas, property, bisnis, dll) sebenarnya tidaklah bisa memberi rasa aman yang sejati.

Hal ini menjelaskan fenomena dimana banyak konglomerat secara keuangan tapi melarat secara jiwa, begitu terikatnya pada aset dan ketika hal itu diambil daripadanya mereka banyak yang memutuskan mengakhiri hidupnya secara tragis seperti salah satu kisah ini 🔽🔽🔽

Pada tahun 2007 adalah Adolf Merckle dinobatkan sebagai orang terkaya di Jerman dengan total kekayaan 12 miliar dollar. Pada tahun 2008 krisis keuangan global terjadi dan saat itu ia salah megambil keputusan di pasar saham yang mengakibatkan ia kehilangan 3 miliar dollar.

Merasa gagal, Merckle bunuh diri dengan cara berjalan di depan kereta yang melaju kencang di dekat stasiun dekat rumahnya. Merckle mati bukan karena bangkrut atau tidak punya uang, sebab ia masih memiliki 9 miliar dollar!

Keuangan Merckle masih sangat aman, meski demikian HATInya sudah tidak lagi aman soal uang.

Financial security sebenarnya adalah mitos karena RASA AMAN sejati itu lahir dari dalam which is hubungan kita dengan Allah & terus menyadari kasih karunia-Nya atas hidup kita day by day, bukan diisi dari luar seperti harta benda yang sifatnya fana.

Memiliki financial security sangatlah baik tapi jangan sampai kita menaruh dasar iman & kebahagiaan kita pada hal itu. Tuhan terlebih rindu kita memiliki financial freedom (a heart that full with contentment) which is hati yang merdeka dan tidak terikat rasa amannya & bahagianya pada besarnya jumlah aset yang dimiliki 😊

Persoalannya bukan kepada apakah Anda mempunyai banyak uang atau harta benda, tetapi apakah uang dan harta benda itu MEMILIKI ANDA?

Have a great day 🙌😁

Rinardi Adinegara Barlim Ms SharePoint System Developer

God's partner that full of love in his life. Enjoy his life by distributed bless to another people that he meet. Now work as Microsoft SharePoint Developer :)

Tidak ada komentar :

Blog Stat