21 April, 2016

Adakah ruang buat Yesus?


Yohanes 4:30 Ia HARUS makin besar, tetapi aku harus makin kecil

Mazmur 10:4 Kata orang fasik itu dengan batang hidungnya ke atas: "Allah tidak akan menuntut! Tidak ada Allah!", itulah seluruh pikirannya. (TB)

Psalm 10:4 In his pride the wicked man does not seek him;
in all his thoughts there is NO ROOM for God. (NIV)

Seringkali orang percaya berdoa : more and more of You God. Fill me with Your spirit God 🙏

Ada doa agar Dia makin besar tapi kita makin kecil.

Namun menariknya ada konsekuensi yang harus dibayar untuk hal ini bisa terjadi. Kenapa? Karena kamar/ruang hati manusia itu fix size alias terbatas. Saat kita meminta untuk Tuhan semakin besar atas hidup kita HARUS ada hal-hal yang kita BUANG terlebih dahulu dari dalam ruang hati kita supaya Ia bisa mengisi ruang itu.

Hal-hal apa aja sih yang kudu dibuang? Simple, bukan bisnis atau karier kita di marketplace tapi 2 hal ini : BEBAN dan DOSA (Ibrani 12:1). Kenapa harus dibuang? Karena dosa adalah sesuatu yang MENGHAMBAT dan beban adalah sesuatu yang MEMPERLAMBAT.

Artinya 2 hal ini harus dibuang terlebih dahulu agar Yesus bisa makin besar dalam hidup kita dan kita bisa berlari dalam lomba yang diwajibkan itu. Apa aja sih contohnya?

DOSA : percabulan, kecemaran, hawa nafsu, keserakahan, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya termasuk cinta Mamon (Gal 6:19-21)

BEBAN : KDRT (Kegagalan, Dendam, Rasa Bersalah, Trauma), kesombongan akan pengetahuan atau prestasi atau jabatan, addicted / kecanduan maen game atau nonton film drama seri Korea / Jepang puluhan episode sehari atau hobby² lainnya yang membuat kita ga produktif.

Apa yang menjadi dosa dan beban kita hari ini mungkin berbeda-beda namun 1 hal yang sama : itu semua ga akan bisa dibuang sebelum kita menganggapnya SAMPAH karena pengenalan akan Kristus yang lebih mulia dari semuanya itu (Efesus 3:8)

Jika DOSA dan BEBAN yang masih kita anggap jauh lebih berharga daripada hubungan pribadi kita dengan Kristus Yesus maka kita tidak akan pernah bisa membuangnya. Prinsip bayar harga bukanlah tentang apa yang harus DILAKUKAN melainkan apa yang harus DILEPASKAN 😎

Yuk beri ruang dalam hati buat Dia bisa sepenuhnya berkarya dalam hidup kita. Dengarlah bisikan-Nya yang lembut yang berkata: sahabat-Ku, adakah ruang di hatimu untuk-Ku tinggali? 😇

Have a great day 🙌

Rinardi Adinegara Barlim Ms SharePoint System Developer

God's partner that full of love in his life. Enjoy his life by distributed bless to another people that he meet. Now work as Microsoft SharePoint Developer :)

Tidak ada komentar :

Blog Stat