08 April, 2016

Doa dari seorang rasul


Efesus 1:15-23
Efesus 1:16 aku pun tidak berhenti mengucap syukur karena kamu. Dan aku selalu mengingat kamu dalam doaku,
17 dan meminta kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Bapa yang mulia itu, supaya Ia memberikan kepadamu ROH hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar.
18 Dan supaya Ia menjadikan MATA hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus

Ketika membaca surat Paulus ini ada 2 point menarik yang saya dapati pada doanya :
1. Paulus doa meminta Roh hikmat dan wahyu pengenalan akan Allah turun atas jemaat di Efesus

Hikmat berbicara pengetahuan jiwani. Kemampuan untuk mengetahui dan melakukan kebenaran sampai pada level pengetahuan tertulis / logos. What to do lah istilahnya, melakukan karena tahu harus dilakukan ☺

Namun Paulus juga minta agar ada pewahyuan turun. Suatu jenis pengetahuan yang menembus lebih dari sekadar level pengetahuan tertulis / logos atau knowledge, tapi sampai kepada kepekaan roh. Level pengetahuan yang menjadi rhema dan menjadi desire (hasrat, keinginan yang kuat) untuk melakukan kebenaran, level Want to do 😇

2. Mata hati yang terang boleh ada di jemaat Efesus

Paulus berdoa juga agar ada mata hati yang terang. Kenapa harus terang yah? Karena kalau matanya lamur (mata minus atau plus) itu emang sih bisa melihat suatu objek, tapi penglihatannya ga jelas.

Bisa jadi kita malah salah mengenali orang ataupun benda dan mengabaikannya walau sebenarnya itu adalah harta yang sangat berharga akibat dari penglihatan kita yang lamur (kabur).

Mata Roh pun bekerja dengan analogi yang sama! Kita akan sungguh sulit untuk bisa mengerti apa saja janji Tuhan dan potensi apa yang uda Tuhan taruh dan Dia lihat ada pada kita jika mata kita tidak terang dan hal ini berujung pada kegagalan dalam kita mencapai potensi maksimal yang sudah Tuhan tetapkan.

Mari sama-sama selalu minta mata yang terang pada Bapa 😇 😎

Rinardi Adinegara Barlim Ms SharePoint System Developer

God's partner that full of love in his life. Enjoy his life by distributed bless to another people that he meet. Now work as Microsoft SharePoint Developer :)

Tidak ada komentar :

Blog Stat