20 Juni, 2013

Praktek = proses penyempurna pembelajaran ˆ⌣ˆ


Yakobus 1:22 Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri


Yakobus 1:25 Tetapi barangsiapa meneliti hukum yang sempurna, yaitu hukum yang memerdekakan orang, dan ia bertekun di dalamnya, jadi bukan hanya mendengar untuk melupakannya, tetapi sungguh-sungguh melakukannya, ia akan berbahagia oleh perbuatannya.

John C. Maxwell dalam bukunya -- Talent is Never Enough menceritakan pengalamannya sebagai trainer leadership : selama 30 tahun menjadi pembicara di konferensi dan seminar -- acara-acara yang dirancang untuk membantu orang lain belajar -- saya mendapati banyak orang meninggalkan begitu saja acara itu dan hanya MELAKUKAN SEDIKIT setelah menutup buku catatan.

Untuk bisa menerapkan apa yang telah dipelajari maka Maxwell menyarankan peserta trainingnya untuk memberikan simbol pada catatan mereka :
T - Time, sisihkan waktu sejenak untuk memungkinkan hal itu.
C - Change, untuk hal-hal yang perlu mereka ubah
:) - telah mengerjakan hal itu dengan baik
A - Apply, sesuatu yang perlu diaplikasikan (praktek)
S - Share, mereka perlu membagikan informasi itu dengan orang lain

Ribuan tahun sebelum Maxwell mengeluarkan teori ini Yakobus pun pernah menyatakan prinsip yang sama terhadap pengetahuan akan kebenaran. Begitu banyak orang percaya tidak mengalami terobosan dalam hidup walau secara tubuh rajin ke ibadah raya, KKR, ikut semua kegiatan gereja, komsel. Bukan karena kurang pengetahuan, tapi hanya kurang praktek ˆ⌣ˆ

Dibutuhkan waktu, sikap hati yang lembut untuk mau berubah, mempraktekkan kebenaran dan membagikan kebenaran secara konsisten (terus menerus) untuk bisa mengalami "break trough" dan mengalami kemerdekaan sejati, terbebas dari belenggu dosa-dosa lama dan beban KDRT (bukan Kekerasan Dalam Rumah Tangga yah =D ha ha, tapi Kegagalan, Dendam, Rasa Bersalah, Trauma) di masa lalu \=D/

Ayo sama-sama semangat dan ga bosen buat terus praktek kebenaran setiap hari sampai kemerdekaan itu terjadi buat hidup kita dan bisa kita bagiin ke sesama kita. Never give up ϱ(`▿´ϱ)

Pesan dari master kungfu : Knowing is nothing, applying what You know is everything - Li Xiao Long (Bruce Lee)
Rinardi Adinegara Barlim Ms SharePoint System Developer

God's partner that full of love in his life. Enjoy his life by distributed bless to another people that he meet. Now work as Microsoft SharePoint Developer :)

Tidak ada komentar :

Blog Stat