19 Juli, 2013

Kendali di tangan sendiri ˆ⌣ˆ


Amsal 16:32 Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang MENGUASAI dirinya, melebihi orang yang merebut kota.

Galatia 5:22-23 Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, PENGUASAAN DIRI." Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.

Seringkali kita sebagai manusia menyalahkan situasi luar atau manusia lainnya sebagai sebab kita menjadi bete, marah, ngedumel, dan reaksi reaktif lainnya (reaksi sebagai akibat "kesenggol/keteken" tombolnya dari faktor luar) º\(•`▿▿▿▿▿´•)/º
Akhirnya kita melakukan tindakan-tindakan yang akan kita sesali di masa depan hanya karena rasa puas semu yang sementara dari melampiaskan rasa amarah yang berapi-api lewat kata dan tindakan sia-sia (ˊ•_•ˋ)

Padahal kita sebenarnya punya kontrol penuh atas emosi kita karena sudah ada benih buah roh di dalam roh kita yang ditanem sama Tuhan. Ayo sama-sama terus belajar merawat benih itu sampai akhirnya berbuah dengan cara : mengendalikan diri. Melakukan reaksi proaktif yang artinya sadar sepenuhnya akan pola emosi sendiri, dan melakukan sesuatu dengan kesadaran penuh dan tahu pasti konsekuensi tindakan secara terus menerus sampai jadi reaksi otomatis :)
Rinardi Adinegara Barlim Ms SharePoint System Developer

God's partner that full of love in his life. Enjoy his life by distributed bless to another people that he meet. Now work as Microsoft SharePoint Developer :)

Tidak ada komentar :

Blog Stat