14 Mei, 2016

Penanganan yang keliru


Mazmur 91:14 "Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku.

Ada 3 penyebab kematian manusia terbesar di dunia:
1. Kanker
2. Jantung
3. Iatrogenik

Iatrogenik bukanlah penyakit baru ataupun jenis mutasi genetik. Iatrogenik mengacu kepada kematian yang tidak disengaja, yang disebabkan oleh dokter, paramedis, atau pihak rumah sakit yang melakukan tindakan yang salah ataupun yang sebenarnya tidak perlu dilakukan. Bukan saja malapraktik, tetapi juga seperti penanganan yang terlambat, prosedur medis yang keliru, kesalahan pemberian obat, operasi yang tidak perlu, infeksi di rumah sakit, dll.

Di Amerika setiap tahunnya ada 225.000 orang yang meninggal karena iatrogenik. Satu tindakan ceroboh dalam menangani pasien bisa berakibat fatal bahkan kematian 😰

Dari fakta ini kita bisa belajar bahwa sesungguhnya bukan uang, kecanggihan alat medis, profesionalitas rumah sakit internasional, dokter yang hebat yang bisa diandalkan di dunia ini terkait kesembuhan kita dari suatu penyakit. Semua itu hanya alat. Betapa naifnya kita jika menganggap uang bisa membeli kesehatan! 😮

Di dalam hidup ini hanya perlindungan Tuhan sajalah yang sebenarnya layak untuk kita andalkan, yang mampu untuk meluputkan dan menyelamatkan hidup kita. Karena apalah artinya memiliki uang untuk membayar kecanggihan peralatan medis ataupun paramedis yang hebat kalau terjadi faktor "X" bernama iatrogenik.

Yuk sama-sama trus aware apakah Tuhan masih menjadi prioritas utama yang selalu kita andalkan di hati kita ataukah uang, bisnis / karier, jabatan, kepandaian, network, kesehatan tubuh, dll yang telah menggeser posisi-Nya di hati kita?

Have a great weekend folks 🙌

Sumber: Spirit Motivator Sabtu 14 Mei 2016

Rinardi Adinegara Barlim Ms SharePoint System Developer

God's partner that full of love in his life. Enjoy his life by distributed bless to another people that he meet. Now work as Microsoft SharePoint Developer :)

Tidak ada komentar :

Blog Stat