01 Mei, 2016

Delegasi


Lukas 10:1 Kemudian dari pada itu Tuhan menunjuk tujuh puluh murid yang lain, lalu mengutus mereka berdua-dua mendahului-Nya ke setiap kota dan tempat yang hendak dikunjungi-Nya.

Delegasi, 1 kata sederhana dan hal yang mungkin terlihat sederhana banget karena sesimpel hanya menyerahkan sebuah tugas kepada orang lain namun seringkali pada prakteknya sulit sekali terutama oleh para pemimpin. Seringkali para pemimpin memang memiliki kompetensi teknikal yang mumpuni di dalam mengerjakan banyak hal secara sempurna tapi tak sedikit yang berakhir pada frustasi karena menganggap anak buah atau partner kerjanya terlalu santai padahal semua pekerjaan diambil alih oleh sang pemimpin sendiri!

Dawson Trotman pendiri The Navigators pernah memberikan nasihat yang sangat penting untuk para pemimpin: "Jangan pernah melakukan pekerjaan penting yang dapat DILAKUKAN ORANG LAIN". Seringkali rasa insecure / tidak aman men-drive sang pemimpin untuk mendominasi dan kepuasan untuk mengontrol penuh jauh lebih kuat dan justru sikapnya ini malah melukai banyak orang di dalam tim akibat ia tidak berani memberikan delegasi.

Prinsip delegasi ternyata telah dipraktekkan oleh Tuhan Yesus jauh hari sebelum prinsip delegasi diajarkan di kelas² kepemimpinan. Mungkin memang betul pelayanan 70 murid ini ga sesempurna Yesus (ya iyalah kan Dia itu Tuhan 😅) tapi let we see the result in this verse 🔽🔽🔽

Lukas 10:17 Kemudian ketujuh puluh murid itu kembali dengan gembira dan berkata: "Tuhan, juga setan-setan takluk kepada kami demi nama-Mu."

Wow! Ternyata apa yang dipercayain Yesus ke para murid berdampak dasyat juga lho! Which means para murid bisa karena mareka dipercaya terlebih dahulu.

Seberapa efektif kepemimpinan kita akan sangat ditentukan seberapa berani kita mendelegasikan tugas ke tim 😉

Rinardi Adinegara Barlim Ms SharePoint System Developer

God's partner that full of love in his life. Enjoy his life by distributed bless to another people that he meet. Now work as Microsoft SharePoint Developer :)

Tidak ada komentar :

Blog Stat