22 Maret, 2016

Saat pemimpin lemah ˆ⌣ˆ


Keluaran 17:11 Dan terjadilah, apabila Musa mengangkat tangannya, lebih kuatlah Israel, tetapi apabila ia menurunkan tangannya, lebih kuatlah Amalek.
12 Maka penatlah tangan Musa, sebab itu mereka mengambil sebuah batu, diletakkanlah di bawahnya, supaya ia duduk di atasnya; Harun dan Hur menopang kedua belah tangannya, seorang di sisi yang satu, seorang di sisi yang lain, sehingga tangannya tidak bergerak sampai matahari terbenam.

Dari perikop mengenai peperangan Israel melawan Amalek ini kita bisa belajar bahwa peperangan tidak hanya terjadi di alam fisik tapi juga di alam roh.

Namun yang menarik adalah sikap Harun dan Hur di dalam menopang tangan sang pemimpin Musa. Mereka ga nyalahin atau kritik ketika Musa lemah, tidak sekadar menyoraki "jia you Musa!" supaya Musa kuat kembali, tapi ini yang mereka lakukan : tanpa diminta / disuruh mereka mengambil batu supaya Musa bisa duduk ditambah mereka juga memegangi kedua tangan Musa agar terus terangkat dan kerjasama ini yang membuat peperangan dalam alam fisik yang dikerjakan Yosua mengalami kemenangan :)

Pemimpin kita baik di perusahaan, tim, ataupun gereja juga manusia. Mereka pun bisa lelah, lemah, putus asa bahkan frustasi. Sadarkah kita bahwa sikap kita pada saat mereka berada pada titik nadir itu akan sangat MENENTUKAN apakah mereka bisa melesat menjadi lebih BAIK atau justru jauh lebih TERPURUK?

Apa yang menjadi respon otomatis kita ketika mereka lemah? Apakah komentar negatif, kritik, bahkan caci maki yang kita lemparkan padanya? Ataukah uluran tangan bantuan, tindakan proaktif, dan memikirkan strategi untuk sang pemimpin bisa terbantu pulih keadaannya?

Bukan berarti kita menjadi orang yang membabi buta mendukung manusia. Namun berapa banyak kita seringkali berkata : "saya kecewa pada pemimpin saya :( !!!". tanpa kita sendiri mau membantunya agar bisa memimpin lebih baik?

Saat pemimpin lemah, apakah kita sekadar memberi kritik ataukah memberi bantuan ˆ⌣ˆ ?
Rinardi Adinegara Barlim Ms SharePoint System Developer

God's partner that full of love in his life. Enjoy his life by distributed bless to another people that he meet. Now work as Microsoft SharePoint Developer :)

Tidak ada komentar :

Blog Stat