18 Mei, 2009

Sikap = Kualitas Hidup



Hal apakah yang menentukan kualitas hidup seseorang? Seringkali seseorang bersikap sama seperti apa yang dia pikirkan mengenai dirinya. Saat seseorang berpikir bahwa dia bodoh maka dia cenderung tidak mau berusaha berubah dan terus meratapi kondisinya, saat seseorang berpikir bahwa dia seorang yang pemarah maka cenderung dia tidak mau merubah sikapnya karena berpikir "inilah sifat dasarku, mengapa aku harus berubah?". Begitu juga dengan jenis orang lainnya yang selalu menyalahkan kekurangan yang ada di dalam hidupnya ataupun ada satu sifat ekstrim lainnya yaitu sikap "masa bodo" alias cuek dan menjalani hidup hanya dengan mengalir.
Ada suatu statement yang saya ingat perihal sikap hati ini. Statement itu berbunyi : "Bukan apa yg terjadi dan yang menimpa kita yang terpenting, melainkan respon/sikap kita terhadap kejadiannya itulah yang akan sangat menentukan kualitas hidup kita!!!" Apa yang menjadi kondisi hidup kita hari ini? Mungkin kita terlahir di keluarga yang broken home, kurang mampu, tidak memiliki IQ yang tinggi, tidak punya jabatan, terlahir cacat, atau hal-hal lain yang kita anggap sebagai kelemahan kita. Tapi percayalah bahwa setiap manusia diciptakan oleh Tuhan dengan suatu tujuan yang masing-masing bersifat unik dan untuk menjadi berkat bagi orang lain.
Untuk memenuhi tujuan itu maka seorang manusia harus terlebih dahulu memiliki perubahan mindset/cara pandang di dalam melihat dirinya sendiri bahwa dia berharga dan memiliki suatu tujuan hidup di dunia ini. Saat seseorang sudah memiliki mindset ini maka dia akan memiliki motivasi di dalam dirinya untuk berkarya dan hidupnya akan bisa berarti buat orang lain =).
Rinardi Adinegara Barlim Ms SharePoint System Developer

God's partner that full of love in his life. Enjoy his life by distributed bless to another people that he meet. Now work as Microsoft SharePoint Developer :)

Tidak ada komentar :

Blog Stat