26 Mei, 2009

Hidup yang berbahagia


Apa sih kunci supaya kita bisa memiliki hidup yang berbahagia?
Seringkali manusia dikhawatirkan oleh masa depan yang belum tentu tiba. Ia menjadi takut dan seringkali hidup di dalam angan-angan (impian kosong). Ada juga tipe orang yang suka mengingat kesalahan dan kegagalan-kegagalan yang pernah terjadi di dalam hidupnya di masa lalu sehingga ia menjadi minder, rendah diri, merasa tak berharga, dan cenderung tidak berani untuk berkarya sehingga potensi hidupnya tidak bisa maksimal.

Memang benar bahwa sebagai manusia kita harus memiliki impian dan harapan untuk masa depan kita, namun janganlah hal itu malah membuat kita khawatir atau kita tidak melakukan langkah apapun untuk memperolehnya karena terlalu sibuk "bermimpi". Sebagai manusia kita juga tentu harus juga mengoreksi diri dari hasil apa saja yang telah kita dapatkan akibat perbuatan-perbuatan kita di masa lampau, baik itu keberhasilan maupun kegagalan-kegagalan kita. Namun jangan sampai keberhasilan ataupun kegagalan itu malah justru membuat kita malas (karena merasa telah berhasil) ataupun membuat kita merasa tidak berharga dan minder (karena merasa telah gagal).
Jadi apa yang harus kita lakukan untuk membuat hidup kita bahagia dan maksimal (menjadi berkat buat hidup orang lain)?

Hiduplah hari ini!!!

Mengapa? Karena masa lalu adalah memory (kenangan), masa depan adalah mystery (belum terjadi), namun hari ini adalah present (hadiah). Jadi pergunakanlah kesempatan hidup yang Tuhan beri hari ini untuk kita berkarya dengan penuh semangat dan totalitas! Jangan lagi hidup dengan kekecewaan dan luka hati terhadap apa yang pernah terjadi di masa lalu kita ataupun terlalu khawatir akan masa depan yang belum tentu kekhawatiran itu akan sungguh terjadi di masa depan kita.

Ada suatu ungkapan yang cocok dengan hal ini, yaitu :

Orang tua hidup di masa lalu, orang muda hidup di masa depan. Namun orang bijak hidup di hari ini!!!

Mari kita semua senantiasa mengawali hari dengan memiliki pola pikir bahwa hari ini akan menjadi hari yang luar biasa karena Tuhan masih memberi saya kesempatan untuk bisa berkarya menjadi berkat buat orang lain dan memiliki karakter yang lebih baik daripada hari yang lalu.

Rinardi Adinegara Barlim Ms SharePoint System Developer

God's partner that full of love in his life. Enjoy his life by distributed bless to another people that he meet. Now work as Microsoft SharePoint Developer :)

Tidak ada komentar :

Blog Stat