01 Juni, 2016

Hati sebagai sumber


1 Samuel 16:7 Tetapi berfirmanlah TUHAN kepada Samuel: "Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati."

Hati adalah yang terutama di dalam kehidupan seorang manusia. Secara medis, hati (heart atau jantung kalau dalam bahasa Inggris) adalah organ pertama yang terbentuk sebelum otak seorang calon bayi di dalam janin seorang ibu.

Apa artinya? Artinya suara hatilah yang seharusnya didengarkan terlebih dahulu, bukan suara otak/pikiran.

Alkitab berkali kali mengatakan bahwa hati memegang peranan yang amat sangat penting baik di dalam hubungan dengan Tuhan, diri sendiri, maupun orang lain. Bahkan sampai dikatakan "Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan." - Amsal 4:23

Mungkin hari² ini hidup kita lagi mengalami hal yang ga enak, ragu akan jurusan kuliah yang kita ambil, ragu akan pekerjaan yang kita ambil, merasa minder karena kuliah atau bekerja di tempat yang tidak bonafide ataupun merasa berada di team/komunitas yang "salah", ataupun terlahir di keluarga yang "salah".

Tapi 1 yang Tuhan minta dari setiap kita adalah agar hati kita tetap percaya kepada-Nya dan melakukan kontribusi yang terbaik yang dapat kita beri, maka peninggian dan berkat yang daripada Tuhan akan datang dengan sendirinya.

Sama seperti Daud yang kembali bekerja dengan rajin menjadi gembala domba setelah selesai diurapi menjadi raja oleh Samuel sampai akhrinya melalui proses yang panjang akhirnya dia menjadi raja atas Israel. Proses hati seringkali menjadi cara favorit yang digunakan Tuhan untuk menyiapkan pribadi seorang anak manusia guna mencapai destiny Allah yang baik yang telah dipersiapkan jauh sebelumnya, proses yang seringkali diwarnai oleh tempaan dan penderitaan poses hidup dalam keseharian. Proses yang seringkali sulit dinalar oleh logika manusia tetapi sangat berharga untuk diperjuangkan.

Jangan batasi hidup kita berdasarkan pikiran-pikiran (otak) kita saja yang terbatas, tapi mari kita buka hidup kita dengan memiliki hati (jantung) yang percaya sepenuhnya akan kedaulatan Tuhan.

Jangan hanya memperhatikan yang kelihatan atau keadaaanmu hari ini, tapi milikilah iman untuk melihat menembus batas. 😎😇

Rinardi Adinegara Barlim Ms SharePoint System Developer

God's partner that full of love in his life. Enjoy his life by distributed bless to another people that he meet. Now work as Microsoft SharePoint Developer :)

Tidak ada komentar :

Blog Stat